Sabtu, 30 Desember 2017

Susunan Pengurus & Jumlah Anggota



Susunan Pengurus & Jumlah Anggota
Ditulis ulang oleh Mustika Rahmi (25216173)
Struktur organisasi koperasi secara basic tidak jauh beberbeda dengan konsep struktur modern. Pengurus dipilih dari anggota dan masa jabatan pengrusu dan pengawas satu periode adalah tiga tahun, dan setelah masa jabatannya berakhir dapat dipilih kembali. Seorang anggota koperasi yang baik adalah yang mengutamakan pemenuhan semua kewajibannya sebelum menuntut hak-haknya sebagai anggota koperasi.
Syarat-syarat umum pengurus:
  1. Mempunyai sikap mental yang baik yang dapat dilihat dari perilaku sehari-hari
  2. Mempunyai pengetahuan tentang koperasi
  3. Mempunyai waktu untuk mengelola koperasi

 

Keterangan :
Struktur Jabatan:
  1. BM (Brance Manager)                        : Robert Rumahorbo   
  2. CCO (Credit Collection Officer)        : Haris
  3. FO (Finance Officer)                          : Puput 
  4. CMO (Credit Marketing Officer)       : Yakup, Arifin, Irwansyah, Ramadhan, Irvansyah, Panco, Tri 
Yang Berperan Utama dalam Pengambilan Keputusan adalah BM (Brance Manager).

Tugas dari jabatan koperasi:
  1. Tugas dan Tanggung Jawab Branch Manager
    • Bertanggung jawab atas operasional di area sesuai dengan kebijakan/bisnis proses yang telah ditetapkan
    • Memastikan ketersediaan serta optimalisasi seluruh fungsi sumberdaya (anggaran, sarana pendukung, alat produksi, SDM) di area kerja yang ditugaskan
    • Memastikan terkondisinya proses eksekusi seluruh program bisnis yang ada diarea pada speed & cost yang  efisien dan efektif mungkin.
    • Memastikan validitas dan kelancaran mekanisme informasi dalam rangka pengendalian kompetisi, monitoring program serta pengendalian krisis yang ada di area.
    • Melakukan koordinasi yang baik dengan pihak Supervisor Area Operator terkait eksekusi aktivitas marketing di lapangan.
  1. Tugas dan Tanggung Jawab Credit Collection Officer
    • Melakukan penagihan terhadap debitur yang telah lewat dari tanggal jatuh tempo angsuran
    • Melakukan follow up kepada debitur untuk tanggal janji pembayaran angsuran
    • Menyusun jadwal kunjungan
    • Melakukan kunjungan ke debitur dan memantau dan memperoleh informasi terkait dengan kondisi konsumen atapun keberadaan kendaraan
  1. Tugas dan Tanggung Jawab Finance Officer 
    • Membuat catatan yang akurat untuk semua transaksi sehari-hari
    • Mempersiapkan neraca
    • Pengolahan faktur
    • Menyimpan catatan yang akurat untuk semua transaksi sehari-hari
    • Siapkan neraca
    • Proses faktur
    • Rekening rekor hutang dan piutang
    • Memperbarui sistem internal dengan data keuangan
    • Menyiapkan laporan keuangan bulanan, triwulan dan tahunan
    • Rekonsiliasi laporan bank
    • Berpartisipasi dalam audit keuangan
    • Melacak deposito bank dan pembayaran
    • Membantu dengan persiapan anggaran
    • Meninjau dan melaksanakan kebijakan keuangan 
  1. Tugas dan Tanggung Jawab Credit Marketing Officer
    • Menerima aplikasi permohonan kredit dari calon Debitor melalui Dealer yang telah menjalin kerjasama dengan Cabang,
    • Memberikan dan membantu calon Debitor mengisi Form Aplikasi Permohonan Pembiayaan (FAPP),
    • Menawarkan kepada calon Debitor price list/paket pembiayaan perusahaan yang telah disetujui oleh Kantor Pusat atau membantu calon Debitor menghitung besarnya angsuran yang diinginkan,
    • Mengarahkan calon Debitor pada struktur kredit yang terbaik bagi perusahaan dan calon Debitor,
    • Melakukan pengecekan fisik kendaraan dengan STNK & BPKB asli, jika ada permohonan kredit untuk unit bekas,
    • Menyiapkan kelengkapan dokumen-dokumen dan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan survey,
    • Melakukan survey ke rumah calon Debitor, dan melakukan survey ke tempat usaha calon Debitor (jika ada usaha),
    • Melakukan verifikasi terhadap kebenaran dan legalitas dokumen-dokumen persyaratan kredit yang diberikan oleh calon Debitor dengan memberikan stempel “COPY SESUAI ASLI” pada semua dokumen persyaratan kredit yang diperoleh,
    • Melengkapi dokumen persyaratan kredit yang masih belum diserahkan oleh Debitor (Memo Pending) dalam waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan,
    • Memberikan rekomendasi terhadap permohonan aplikasi kredit dari calon Debitor setelah melakukan survey
Peraturan Untuk Karyawan:
·           Target kinerja tiap Bulan dan tiap Tahun
·           Disiplin dengan waktu
·           Tegas Kepada nasabah yang mengganggu kinerja perusahan
·           Rapih
·           Sopan
Anggota Koperasi : <600 anggota
Cara bila ingin mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi:
  1. Foto Suami dan Istri
  2. Fotocopy Kartu Keluarga / Buku Nikah
  3. Belum menikah lampirkan KTP Orang tua

Sumber:
Koperasi Sehati Makmur Abadi Tahun 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar